Simak! Fungsi Tulang Hasta pada Tubuh Manusia

 

Fungsi tulang hasta memang sangatlah penting. Tulang hasta dikenal juga sebagai salah satu tulang yang menyusun lengan bagian bawah. Akan tetapi di sini fungsi tulang hasta tak hanya terbatas pada membentuk lengan saja.

Oleh karena adanya tulang hasta tersebut Anda pun bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti melempar barang, menulis dan lain sebagainya.

Apa Saja Fungsi Tulang Hasta?

Tulang hasta merupakan salah satu tulang yang mempunyai peranan begitu penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Jika terdapat masalah pada tulang tersebut aktivitas nanti akan terasa jauh lebih sulit.

Banyak sekali gerakan tangan yang di sini sangat bergantung pada tulang hasta serta tulang pengumpil. Sebut saja gerakan untuk melempar barang dan juga gerakan menulis. Tidak hanya itu saja masih banyak gerakan-gerakan lain yang akan terganggu.

Ketika tulang hasta atau tulang pengumpil tersebut mengalami masalah maka dapat dipastikan banyak gerakan yang akan terganggu. Bahkan di sini untuk sekedar memutar pergelangan tangan Anda akan kesusahan.

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari tulang hasta yang perlu untuk Anda ketahui.

Untuk Membentuk Struktur dari Lengan

Pada dasarnya lengan di sini memiliki dua bagian yaitu lengan bawah dan lengan atas. Untuk struktur lengan atas dibentuk oleh tulang humerus sedangkan untuk bagian bawah terdapat dua tulang yang membentuk strukturnya yaitu tulang pengumpil dan tulang hasta.

Antara kedua tulang tersebut nantinya akan saling bekerja sama dalam membentuk struktur lengan bagian bawah. Jika salah satu dari struktur tersebut mengalami masalah maka nantinya pergerakan tangan pun akan jadi terganggu.

Selain itu juga tulang hasta serta tulang pengumpil mempunyai peranan yang begitu penting di dalam menjaga sendi dari lengan Anda.

Membantu dalam Perputaran Lengan

Gerakan pergelangan tangan merupakan salah satu gerakan yang memang cukup sering dilakukan. Ketika di sini Anda tengah melempar barang ataupun menulis, maka dapat dipastikan gerakan tersebut terdapat di dalamnya. Ada setidaknya tiga tulang yang bertanggung jawab di dalam gerakan rotasi pergelangan tersebut.

Ketiganya merupakan tulang hasta, tulang pengumpil serta tulang karpal. Jika salah satu dari tiga tulang ini mengalami masalah maka otomatis gerakan rotasi pun akan terasa jauh lebih susah untuk dilakukan. Bahkan di sini untuk sekedar memutar gagang pintu Anda pun akan cenderung kerepotan

Sebagai Tempat Melekatnya Otot

Tiga gerakan yang dilakukan oleh Anda di sini selalu melibatkan otot dan juga tulang. Jika tulang berperan sebagai struktur maka otot lah yang nantinya akan menggerakkan. Keduanya akan saling bekerja sama tapi agar lengan bawah dapat bergerak otot memerlukan tempat untuk melekat.

Tulang hasta memiliki fungsi yang sangatlah banyak selain di sini membentuk struktur lengan serta membantu dalam perputaran lengan, tulang hasta juga jadi tempat untuk otot tersebut melekat. Otot yang melekat pada tulang atas merupakan otot tangan dan juga lengan bawah.

Bentuk tulang hasta yang cenderung tipis dan panjang membuatnya begitu rentan untuk mengalami patah. Jika terdapat gangguan paling sering terjadi di bagian tulang hasta maka patah tulang inilah gangguan tersebut.

Cidera tulang hasta bisa mengakibatkan nyeri yang hebat bahkan sampai kehilangan rasa untuk bagian lengan. Selain itu juga sendi yang terkena akan sangat susah untuk digerakkan. Penyebab utama mengapa tulang tersebut bisa patah sangatlah bermacam-macam, tapi secara umum terjadi karena jatuh, khususnya ketika lengan berada dalam posisi terentang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.