Rekomendasi Investasi Untuk Pemula

Setiap dari Anda tentunya ingin mencapai kondisi dimana Anda bebas finansial saat tua nanti. Namun untuk mencapai hal itu memang memerlukan waktu yang terbilang cukup lama dan pastinya membutuhkan beberapa usaha, salah satunya yaitu Anda harus bisa untuk mengembangkan dana. Membangun dana ini bisa dilakukan dengan cara investasi yang merupakan cara terbaik agar bisa memperoleh kebebasan finansial.

Untuk dapat memaksimalkannya, maka investasi sendiri bisa Anda mulai sejak sekarang. Jika di sini Anda masih terbilang baru dan belum memahami mengenai dunia investasi, maka Anda tidak perlu merasa khawatir, karena di bawah ini akan diberikan ulasan mengenai apa saja pilihan investasi untuk pemula yang menguntungkan dan juga mudah.

Apa Rekomendasi Investasi Untuk Pemula?

Sebagai seorang pemula dalam dunia investasi, pastinya akan sangat disarankan untuk memilih investasi atau pengembangan dana yang mana tingkat resikonya relatif lebih rendah. Di bawah ini adalah beberapa investasi bagi pemula yang sangat cocok untuk Anda.

Deposito

Pilihan investasi bagi pemula yang pertama yaitu deposito. Jika bicara mengenai masalah investasi yang memiliki risiko rendah maka deposito merupakan salah satu pilihan yang paling tepat. Karena di sini memang sistemnya sangatlah mudah, yaitu Anda hanya perlu menyimpan dana dengan jangka waktu yang telah ditentukan sejak awal.

Jangka waktu untuk penyimpanan dana tersebut sangat bervariasi, bisa dari 3 bulan bahkan hingga 1 tahun dengan return atau bunga yang beragam. Biasanya besar bunga yang ditawarkan atau deposito ini yaitu 3% hingga 5% tiap tahun. Anda dapat menerima keuntungan tersebut dalam jangka waktu yang telah disepakati.

Saving Bond Ritel (SBR)

Saving Bond ritel atau disingkat juga dengan SBR merupakan surat hutang yang mana disini diterbitkan oleh sebuah negara. Jika di sini Anda ingin melakukan kegiatan investasi maka Anda bertindak sebagai seorang pemberi pinjaman pada pemerintah. Hal ini masuk dalam kategori investasi jangka pendek di mana resiko dari investasi tersebut memang terbilang kecil.

Hal tersebut dikarenakan SBR ditanggung oleh negara atau pemerintah. Dari jangka waktu tersebut SBR memberikan opsi mencairkan uang dengan lebih cepat. Untuk modal yang diperlukan dalam melakukan kegiatan investasi ini juga bisa dimulai dengan harga terbilang kecil yaitu Rp 100.000 dengan suku bunga 6,5% tiap tahun.

Logam Mulia

Investasi untuk pemula yang mudah dan menguntungkan selanjutnya yaitu logam mulia. Logam mulia seperti emas memang menjadi salah satu investasi yang populer sejak dahulu. Karena selain masih bisa dijadikan sebagai investasi menghasilkan, emas juga bisa dipakai sebagai aksesoris oleh para wanita.

Berinvestasi pada logam mulia bisa menjadi pilihan jangka panjang, terutama bagi Anda yang merupakan investor pemula. Tidak hanya itu saja logam mulia tersebut mempunyai Resiko yang terbilang rendah dan harganya cenderung naik atau stabil, sehingga banyak yang memilih logam mulia sebagai bentuk investasi.

Reksadana Pasar Uang

Untuk pilihan selanjutnya bagi yang ingin berinvestasi yaitu Reksadana pasar uang. Investasi reksadana jenis pasar uang memang cukup favorit terutama di kalangan para pemula. Hal itu dikarenakan instrumen ini menggunakan seorang manajer investasi yang akan membantu dalam pengelolaan investasi. Hal itu pastinya akan sangat berguna, terutama bagi pemula agar dapat melakukan pengembangan dana yang lebih maksimal.

Peer To Peer Lending

Investasi yang berikutnya yaitu Peer To Peer Lending atau umum dikenal dengan P2P lending. Di dalam jenis pengembangan dana tersebut nantinya Anda akan memperoleh keuntungan yang cukup besar dan proses investasi pun terbilang mudah.

Selain itu dengan melalui P2P lending ini Anda sebagai investor bisa membantu dalam mengembangkan UKM yang ada di Indonesia,sehingga dapat dikatakan Anda berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi negara melalui pengembangan dana yang telah dilakukan. Namun pastikan bagi Anda untuk memilih Peer To Peer Lending yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Itulah tadi beberapa jenis investasi yang cocok untuk Anda coba sebagai seorang investor pemula. Semua yang telah disebutkan di atas terbilang mudah dan juga menawarkan keuntungan yang cukup menggiurkan.