Peran Ibu Dalam Keluarga: Penentu Sikap dan Masa Depan Anak

 

Salah satu peran ibu dalam keluarga adalah, membantu dan mendukung tumbuh kembang anak. Tugas membesarkan anak-anak ini merupakan tugas terberat, dan butuh tanggung jawab tinggi untuk bisa menjalankannya.

Dalam banyak penelitian dijelaskan jika seorang ibu merupakan penentu arah pendidikan keluarga, prioritas utama keluarga, hingga pembentuk karakter dasar bagi anak-anak. Tidak hanya itu, ibu berperan penting dalam kesuksesan akademis anak-anaknya di masa depan.

Penentu Sikap Anak-anak

Dilansir dalam India Parenting, masa depan dan jalan hidup anak sangat dipengaruhi oleh hubungan langsung dengan orangtuanya, khususnya Ibu. Anak yang punya relasi yang baik dengan ibunya, berpeluang lebih sukses dalam kehidupannya.

Hubungan baik dengan ibu akan membuat anak jadi lebih percaya diri, mampu membaur dengan masyarakat dan mencegah munculnya sikap-sikap negatif, seperti depresi, gangguan kecemasan, masalah perilaku agresif dan lainnya.

Untuk membuktikan pentingnya peran ibu dalam keluarga, School of Psychology and Clinical Language Sciences melakukan penelitian yang melibatkan lebih dari 6000 anak di seluruh dunia.

Fokus utama penelitian tersebut adalah, mengetahui pengaruh peran ibu terhadap tumbuh kembang anak. Hasilnya, anak yang mendapatkan perhatian penuh dari orangtua, terutama Ibu, akan merasa aman dalam kehidupan bermasyarakat.

Selain itu, mereka akan cenderung memiliki perilaku yang mudah dikendalikan, emosi yang lebih stabil, lebih percaya diri, dan lebih mudah berbaur dengan teman sebayanya.

Sebaliknya, anak yang tidak memiliki kedekatan dengan ibunya, tidak mendapatkan respons yang dibutuhkan selama masa tumbuh kembannya, tidak mendapat dukungan emosional, dan kasih sayang penuh dari orangtua, cenderung memiliki perilaku yang sulit dikendalikan.

Mereka umumnya akan menunjukkan beberapa sikap negatif, seperti mudah kesal, menolak bersosialisasi, lebih egois, dan bersikap agresif. Perilaku ini akan terus berkembang, bahkan anak beresiko terlibat tindakan kriminal jika Moms tidak segera melakukan upaya perbaikan.

Cara Perbaiki Hubungan Dengan Anak

Untuk memperbaiki, atau mencegah kondisi tersebut, Moms bisa memulainya dengan melakukan evaluasi hubungan antara orangtua dan anak sejak dini, dengan mengajukan beberapa pertanyaan sederhana, seperti:

  • Berapa jam dalam sehari waktu yang dihabiskan bersama Si Kecil?
  • Apakah Moms tahu apa yang disukai, dan tidak disukai anak?
  • Apakah anak lebih dekat dengan Moms, atau pengasuhnya?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa menjadi tolak ukur bagaimana status peran ibu dalam keluarga yang Moms jalankan, sekaligus mengetahui tingkat kedekatan antara orangtua dan anak.

Selain itu, Moms bisa mencegah atau membina kedekatan antara ibu dan anak dengan hanya memilih popok terbaik. Memang terlihat sederhana, namun memilih popok yang baik akan membuat Si Kecil lebih nyaman, sehingga tumbuh kembangnya akan berjalan lebih optimal.

Salah satu produk dari Kao Life yang direkomendasikan adalah Merries Skin Protection. Produk ini hadir memiliki sirkulasi udara yang baik, dan permukaan yang jauh lebih lembut, sehingga membuat Si Kecil bisa tetap nyaman bermain seharian penuh, tanpa rewel karena ruam

Merries Skin Protection hadir dengan fitur pengunci pipis, dapat menampung pipis hingga 5 kali, dan memiliki daya serap tinggi sehingga dapat menjamin kulit Si Kecil tetap kering dan nyaman.

 

Referensi:

Good Morning. Diakses pada 2022. What is a Mothers Role in a Family

Health Units. Diakses pada 2022. A Mothers Role in a Child’s Development

India Parenting. Diakses pada 2022. 10 Important Roles of a Mother in Child Development

Kaiser Foundation. Diakses pada 2022. Women Work and Family Health Key Findings From the 2017 Kaiser Women’s Health Survey.

Related posts