Organ yang Paling Penting Untuk Sistem Gerak Manusia

Manusia tentunya memiliki bagian tubuh bernama tulang dan otot, apakah fungsi tulang dan otot tersebut? Berikut kami akan jelaskan fungsi tulang dan otot pada manusia.

Fungsi Tulang

Ada banyak fungsi dari tulang, seperti memberikan perlindungan pada organ internal dalam tubuh. Misalnya seperti pada tulang tengkorak kepala yang melindungi otak.

Tulang dapat menyimpan dan melepaskan lemak, kelebihan metabolisme asam lemak disimpan pada sumsum tulang kuning yaitu pada jaringan adiposa. Kemudian dilepaskan saat tubuh kekurangan makanan.

Pembentukan darah seperti proses produksi sel darah merah, darah putih, dan trombosit terjadi pada sumsum tulang merah. Yang berarti tulang juga dapat memproduksi sel darah.

Fungsi tulang selanjutnya adalah tempat menyimpan dan melepaskan mineral seperti kalsium dan fosfor. Saat tubuh membutuhkan mineral tersebut, tulang akan melepaskannya ke aliran darah.

Tulang juga memfasilitasi gerak yang dikendalikan melalui kontraksi otot. Karena hal tersebut manusia dapat melakukan berbagai gerakan seperti berbicara,berlari, dan berjalan. 

Selanjutnya fungsi tulang yaitu sebagai penyangga tubuh. Seperti membuatnya tetap,dapat berdiri, dan dapat duduk. Tulang juga menopang otot, kulit, dan organ internal secara kokoh.

Fungsi Otot

Organ otot ini merupakan jaringan lunak yang terdiri dari serat elastis. Kinerja otot diatur melalui sistem saraf, ada juga yang bekerja otomatis melalui isyarat anggota tubuh lain.

Organ ini memiliki beragam fungsi, seperti memberikan mobilisasi pada tubuh. Otot yang berelaksasi dan berkontraksi menimbulkan gerakan pada tubuh, sehingga otot disebut juga alat gerak aktif.

Otot dapat membentuk postur melalui interaksi sistem otot-skeletal dengan jalur aferen sistem saraf pusat. Otot tersebut menjaga bagian kepala agar tetap tegak dan tidak terkulai.  

Organ yang satu ini juga berfungsi sangat penting pada sistem sirkulasi darah esensial pada tubuh. 

Seperti layaknya otot yang terdapat pada organ jantung, berkontraksi dan juga berelaksasi mengakibatkan jantung dapat memompa darah ke seluruh tubuh.

Otot dan juga tulang, memanglah kedua organ yang saling berhubungan secara langsung terutama pada sistem gerak manusia.

Maka, pada kesempatan kali ini, kami sudah jelaskan fungsi tulang dan otot pada manusia. Semoga bermanfaat!

Related posts