Obat Sakit Telinga ala SehatQ

 

Apakah Anda pernah mengalami sakit telinga? Jika iya maka sumber penyebabnya bisa bermacam-macam seperti alergi ataupun terjadinya infeksi serta sekedar saluran telinga pegal. Paling baik memang Anda segera berusaha untuk mengatasi hal tersebut. Proses mengatasi bisa dilakukan dengan menggunakan obat sakit telinga mulai dari yang alami sampai obat-obatan medis.

Namun seluruh takaran mengenai pengobatan juga harus tepat. Jangan mengobati secara berlebihan juga. Tidak perlu panik langsung ke dokter karena sebagian besar dari sakit telinga ini tidak selalu disebabkan oleh masalah serius. Langsung saja kita simak beberapa informasi berbagai pengobatan mulai dari yang alami sampai obat-obatan medis.

 

Obat Sakit Telinga

Apabila Anda mencari informasi terkait cara pengobatan telinga yang sakit maka banyak dari Forum kesehatan juga menyarankan metode alami dahulu. Kalau penggunaan metode alami tidak dapat menangani barulah Anda berusaha pergi ke dokter untuk mendapatkan beberapa pengobatan medis. Kita akan membahas secara detail mengenai apa saja daftar obat sakit telinga mulai dari yang alami sampai dengan pengobatan medis.

1. Lakukan Pengompresan Panas dan Dingin

Pertama-tama coba ambil handuk bersih dan basahi dengan air hangat. Peras bagian handuk dan letakkan di bagian telinga yang sakit. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Ulangi langkah ini sampai beberapa kali hingga rasa sakit di telinga mulai berkurang.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah mengompres telinga dengan air es. Gunakan handuk yang bersih dan letakkan es di bagian tengahnya. Setelah itu tempelkan ke bagian telinga yang terasa sakit selama 15 menit. Lakukan terus hal ini berulang kali sampai es batu mencair dan rasa sakit berkurang.

2. Pemijatan Telinga

Anda sering mengalami rasa sakit muncul dari bagian rahang gigi belakang dekat telinga. Bisa jadi penyebabnya karena otot-otot di sekitar bagian tersebut terlalu tegang. Otot bagian ini sering menjadi tegang terutama bagi orang-orang yang sering menggunakan komputer dalam waktu lama. Segera lakukan pemijatan di area sekitar telinga.

Ulangi proses pemijatan di sekitar telinga sekiranya rasa sakit masih sering muncul. Proses pemijatan dapat membantu melancarkan aliran darah sehingga rasa sakit di sekitar telinga mungkin berkurang. Namun Anda juga harus mengamati apakah setelah dilakukan proses pemijatan ada perbedaannya atau tidak. Kalau perbedaannya bisa dibilang hampir tidak ada maka segera lakukan poin selanjutnya.

3. Peregangan Leher

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan peregangan leher. Peregangan leher perlu dilakukan untuk bisa meredakan tekanan yang ada di sekitar saluran telinga. Cara melakukannya sangatlah mudah dimana Anda hanya perlu duduk tegak dan pastikan bagian kaki bersentuhan dengan lantai. Maka putar leher ke kanan dan ke kiri secara pelan-pelan.

Angkat bahu Anda setinggi yang dapat dilakukan. Kemudian ulangi gerakan peregangan ini setiap kali bangun tidur. Amati apakah rasa sakit di telinga yang sering muncul semakin kecil atau tidak. Jika benar rasa sakitnya berkurang maka bisa jadi sebelumnya saluran telinga Anda memiliki tekanan yang cukup besar.

4. Gunakan Antibiotik

Anda sudah mencoba poin pertama sampai dengan ketiga. Tetapi cara tersebut hanya berlaku sebentar dan mengurangi sedikit rasa sakitnya. Jika sudah demikian maka besar kemungkinan ada gejala inflamasi di area telinga. 

Anda perlu datang ke dokter untuk berkonsultasi. Seringkali dokter akan memberikan resep berupa antibiotik. Pastikan Anda untuk meminum antibiotik tersebut sampai benar-benar habis.

Anda yang sudah paham mengenai beberapa cara pengobatan sakit telinga maka lakukan tips tadi dengan rutin. Usahakan untuk segera konsultasi ke dokter bila belum berhasil setelah Anda mencoba berulang kali pada tiga poin pertama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.