FOTO-FOTO Rangkaian Acara Jelang Nikahan Rizky Billar & Lesti Kejora, Pengajian hingga Malam Bainai

Diketahui Rizky Billar dan Lesti Kejora telah menggelar beberapa rangkaian pernikahan. Sebelum akhirnya pasangan ini akan melangsungkan akad nikah, pada Kamis (19/8/2021) mendatang. Menurut keterangan dari pihak KUA, Billar dan Lesti akan menikah di Hotel Intercontinental, Jakarta Selatan.

Diketahui ayah kandung Lesti, yakni Endang Mulyana disebut menjadi wali nikah sang anak. Lantas Sabtu (14/8/2021) kemarin telah digelar rangkaian yang pertama yakni pengajian. Kemudian prosesi terakhir yang dilangsungkan Minggu (15/8/2021) adalah upacara adat Malam Bainai.

Seluruh acara tersebut bertempat di The Tribrata, Darmawangsa, Jakarta Selatan. Di acara pengajian, nampak didominasi dengan warna ungu muda. Mulai dari dekorasi hingga seluruh tamu undangan termasuk Billar serta Lesti.

Dalam acara tersebut, para calon pengantin meminta restu pada orang tua masing masing. Kemudian Ustaz Subkhi dan Mamah Dedeh memberikan wejangan hingga tausiyah. Acara pengajian pun berlangsung dengan khidmat dan penuh haru.

Selanjutnya di hari yang sama, Billar melaksanakan upacara Adat Minang, untuk melepas masa bujangnya. Upacara Balacuik Malapeh Bujang sebagai simbol pelepasan seorang anak laki laki yang segera menikah. Acara adat ini dipandu oleh Ben Kasyafani bersama presenter Tya Ariestya.

Terlihat Billar mengenakan pakaian adat yang didominasi warna biru tua serta emas. Dalam foto yang diabadikan, ia nampak sangat terharu saat prosesi berlangsung hingga memeluk sang ayah. Selama upacara Balacuik Malapeh Bujang, sang aktor melakukan beberapa ritual.

Di antaranya seperti mandi basuci yang diiringi doa, memotong rambut dan diberi cipratan bunga tujuh rupa. Tak sampai di situ, Billar juga berjalan di kain berwarna putih untuk menuju ke orang tuanya di pelaminan. Terakhir, ia turut membasuh dan mencium kaki sang ibu untuk meminta doa restu.

Rangkaian upacara adat terakhir adalah Malam Bainai, yang digelar pada Minggu (15/8/2021) kemarin. Upacara adat tersebut diperuntukkan bagi calon pengantin perempuan, yakni Lesti. Selain meminta restu, ia akan diberikan doa sebagai tanda pelepasan ke jenjang selanjutnya.

Selama Malam Bainai berlangsung, sang pedangdut menjalani proses sungkeman dan mandi basuci. Para sahabat yang berada di dalam daftar bridesmaid pun nampak hadir dan mengikuti jalannya acara. Di antaranya ada Melody Laksani hingga istri Ali Syakieb, Margin Winaya.

Pada proses ini, Lesti terlihat mengenakan pakaian adat berwarna ungu dan emas. Upacara adat itu juga banjir air mata ketika calon pengantin menyampaikan ungkapan hati dan meminta restu. Orang tua Lesti di Malam Bainai sudah mengantarkan anaknya ke pelaminan melalui kain kuning.

Tradisi tersebut memiliki makna agar pernikahan sekali seumur hidup dan langgeng. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.