Dua Cara Meredakan Sakit Radang Tenggorokan, Pilih Alami Atau Generik?

Sakit tenggorokan merupakan hal yang sering terjadi ketika daya imun tubuh turun. Salah satunya adalah radang tenggorokan. Penyakit tersebut terjadi karena infeksi bakteri atau virus. Ada dua cara untuk mengatasi penyakit tersebut. Seperti apa pengobatannya? Berikut ulasannya. 

 

2 Cara Pengobatan Radang Tenggorokan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Bahwa ada dua cara untuk mengatasi atau mengobati radang tenggorokan. Yaitu secara alami dan memakai obat-obatan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh. Berikut penjelasannya. 

Pengobatan Secara Alami

Memilih cara yang satu ini memang sangat menguntungkan. Bukan hanya bahannya sudah tersedia di rumah, bahkan tanpa efek samping lainnya. Apa saja bahan yang bisa mengobati untuk sakit tenggorokan? 

1. Air garam

Garam merupakan salah satu bahan masakan yang wajib ada di rumah. Bukan hanya untuk masakan saja, ternyata garam juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit, salah satunya adalah untuk sakit tenggorokan. 

Cara memakai garam untuk sakit tenggorokan adalah dengan berkumur. Berkumur dengan air garam hangat terbukti efektif secara alami untuk meredakan nyeri dan panas pada tenggorokan. 

Jika berkumur air garam beberapa kali sehari dapat meredakan bengkak, membasmi bakteri, dan mencairkan dahak menggumpal. 

2. Air putih

Selain berkumur dengan air garam, meredakan sakit tenggorokan juga bisa dengan cukup minum air putih. Perlu diketahui, ketika sakit tenggorokan perlu cairan lebih banyak supaya bisa meredakan sakitnya.

Menjaga asupan cairan dalam tubuh juga termasuk salah satu cara meredakan sakit tenggorokan secara alami. Pastikan terpenuhi agar tenggorokan tetap lembab. Setidaknya minimal 2 liter sehari. 

3. Lemon dan madu

Siapa saja pasti tahu kalau madu memiliki banyak khasiat. Salah satunya adalah untuk meredakan sakit tenggorokan. Madu mengandung anti bakteri yang bisa mengurangi bengkak dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. 

Tapi, ada satu bahan lagi yang harus dipakai ketika memakai madu. Yaitu perasan air lemon. Astringen yang terkandung pada lemon bisa meredakan sakit tenggorokan. Selain itu, bisa menciptakan lingkungan asam yang mematikan bakteri penyebab sakit. 

Cara membuat obat alami dengan memakai madu lemon cukup mudah. Hanya campurkan 2 sendok madu dan secukupnya perasan jeruk lemon. Campurkan dengan secangkir air hangat atau teh. 

5. Garam dan cuka apel

Selain bahan-bahan di atas, ada bahan lainnya yang bisa dipakai untuk meredakan sakit tenggorokan. Yaitu memakai garam dan cuka apel. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dan dua sendok teh garam ke dalam air hangat. 

Kemudian gunakan sebagai obat kumur untuk meredakan sakit. Cuka apel bersifat asam, sehingga bisa membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan sakit tenggorokan. 

Memakai Obat-Obatan

Selain memakai obat alami, meredakan sakit tenggorokan juga bisa memakai obat-obatan yang bisa dibeli dari apotek. Berikut beberapa nama obat yang bisa dipakai untuk mengobati radang tenggorokan. 

1. Paracetamol

Merupakan salah satu obat analgesik dan antipiretik yang bisa meredakan nyeri ringan sampai sedang. Bahkan Paracetamol juga bisa meredakan deman. Oleh karena itu, obat ini juga bisa mengurangi sakit pada tenggorokan. 

2. Ibuprofen

Obat selanjutnya ada Ibuprofen. Obat ini termasuk kelompok obat anti inflamasi nonsteroid. Fungsinya untuk mengurangi rasa sakit. Selain itu, bisa juga untuk meredakan demam. 

3. Asam Mefenamat

Fungsi dan kandungannya hampir sama dengan Ibuprofen. Yakni memiliki anti inflamasi nonsteroid yang bisa meredakan nyeri ringan sampai sedang. 

Itulah dua cara untuk mengatasi sakit radang tenggorokan, yakni dengan cara alami dan memakai obat dari apotek. Kedua cara tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh. Selamat mencoba. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.