Bunda, Yuk Intip Hal Penting untuk Melahirkan Normal yang Nyaman!

Bunda yang sedang mengandung apalagi ini adalah kehamilan pertama, pastinya sudah memikirkan untuk bisa melahirkan secara nyaman, apalagi jika ada rencana untuk melahirkan secara normal di rumah sakit bersalin terbaik di Jakarta. Memang, risiko dalam melahirkan secara normal adalah tentunya lebih sakit, namun jika Bunda sudah memiliki persiapan untuk melahirkan secara normal bisa membuat Bunda lebih nyaman dan tenang dalam mengahadapi proses persalinan nanti. Kira-kira hal penting apa saja yang bisa Bunda persiapkan untuk menghadapi persalinan secara normal? Mari kita ulas bersama.

  1. Daftar Kelas Persalinan

Dengan Bunda mendaftar ke kelas persalinan dari jauh hari, maka Bunda sudah bisa mempersiapkan diri lebih matang karena Bunda bisa mengetahui tentang teknik manajemen persalinan seperti pernapasan, hipnosis diri, dan relaksasi. Bunda bisa ditemani dengan suami, agar suami juga paham apa yang harus dilakukan ketika istri sudah mengalami tanda-tanda persalinan di rumah.

  1. Menulis Rencana yang Berkaitan dengan Persalinan

Jika Bunda sudah memiliki gambaran mengenai persalinan normal, Bunda bisa mencatat semua rinciannya disebuah jurnal. Yang bisa ditulis di dalam jurnal adalah rencana sebelum, selama, dan setelah persalinan. Rencana sebelum persalinan seperti hal-hal apa saja yang dilakukan selama masa kehamilan untuk mencapai persalinan secara normal, pilihan dokter, dan rumah sakit yang dituju. Lalu untuk selama persalinan, Bunda bisa mencatat siapa yang akan menemani dan membantu selama persalinan dan setelah persalinan, Bunda bisa menulis siapa yang akan memandikan si kecil selama dalam proses pemulihan, dan lain sebagainya.

  1. Mencari Lokasi Bersalin yang Sesuai

Seperti mencari jodoh, carilah tempat bersalin yang dirasa nyaman dan cocok bagi ibu yang melahirkan, Bunda bisa mencari dokter atau bidan yang tahu dengan kondisi kehamilan Bunda agar Bunda bisa melakukan persalinan normal. Tidak hanya itu, tenaga medis yang cocok akan membantu Bunda ketika persalinan tiba agar semuanya berjalan dengan kondusif dan Bunda merasa nyaman. Bunda juga bisa menyewa jasa doula (pemandu persalinan) yang akan membantu Bunda sebelum, selama, dan setelah persalinan.

  1. Latihan Menghadapi Kontraksi dengan Tenang

Dalam persalinan normal, kunci utamanya adalah latihan untuk menghadapi kontraksi dengan tenang, Bunda harus tetap tenang ketika rasa sakit dari kontraksi yang datang karena bayi sedang berusaha mencari jalannya untuk keluar. Ketika Bunda takut untuk menghadapi kontraksi, maka tubuh akan menjadi kaku dan akan memperburuk ketidaknyamanan pada tubuh. Agar tetap santai, Bunda bisa mencoba untuk belajar teknik relaksasi dan melatih The Grip sepanjang kehamilan.

  1. Mengetahui Posisi Persalinan

Tidak melulu berbaring untuk melahirkan secara normal, ternyata banyak posisi melahirkan yang bisa dicoba. Salah satu posisinya adalah jongkok. Posisi jongkok ternyata bisa membuka panggul dan membantu bayi masuk ke posisi persalinan yang ideal. Jika Bunda ingin mencoba posisi ini, rajinlah berlatih posisi jongkok sebelumnya dan sudah menguatkan otot kaki di rumah.

  1. Lakukan Rutinitas Rutin Sebelum Melahirkan

Untuk melakukan persalinan normal dibutuhkan banyak energi dan stamina. Oleh karena itu, salah satu hal penting lainnya untuk mempersiapkan persalinan secara normal adalah dengan melakukan olahraga rutin selama kehamilan minimal 30 menit perhari. Lakukan gerakan yang melatih fleksibilitas, terutama di pinggul akan membantu Bunda untuk melahirkan normal secara lebih mudah ketika nanti tiba saatnya.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Bunda yang ingin melakukan persalinan secara normal. Sehat selalu ya, calon ibu!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.