Beragam Manfaat dan Jenis Investasi Untuk Pemula

 

Salah satu cara untuk mencapai kebebasan finansial seseorang adalah dengan berinvestasi. Dengan berinvestasi, seseorang telah mempersiapkan kebutuhan masa depannya. Ada berbagai jenis investasi. Jika Anda ingin mulai berinvestasi, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu apa saja manfaat investasi untuk pemula.

Read More

Kunci berinvestasi adalah jangka panjang. Jadi, jika Anda ingin berinvestasi, maka Anda akan dapat menikmati manfaatnya dalam beberapa tahun ke depan. Berikut adalah berbagai manfaat yang dirasakan dari berinvestasi untuk pemula.

Apa Saja Manfaat Investasi Untuk Pemula?

1. Selamatkan diri Anda dari inflasi

Setiap tahun, nilai mata uang akan terus menurun sehingga kita tidak bisa menghindari inflasi. Sebenarnya untuk menyelamatkan diri dari inflasi adalah suku bunga wajib lebih besar dari inflasi.

Sayangnya, suku bunga tabungan saat ini relatif rendah sehingga tidak bisa membantu menyelamatkan diri dari inflasi. Dengan kondisi seperti ini, investasi merupakan cara untuk menyelamatkan diri dan terbebas dari inflasi. Dengan manajemen investasi yang baik, Anda dapat meningkatkan pertumbuhan nilai uang dan membantu diri Anda sendiri bebas dari inflasi.

2. Sebagai sumber penghasilan

Investasi bisa menjadi sumber penghasilan kedua Anda. Ketika Anda menyisihkan sebagian uang Anda untuk diinvestasikan, maka keuntungan yang Anda dapatkan akan menjadi sumber penghasilan Anda selain gaji. Semakin Anda memahami manajemen investasi, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan dan meningkatkan nilai uang.

3. Mencapai kehidupan yang bebas secara finansial

Dengan berinvestasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang nantinya bisa digunakan untuk kebutuhan hidup Anda. Dengan berinvestasi, Anda selangkah lebih maju untuk mencapai kehidupan yang bebas secara finansial.

Semakin tinggi keuntungan yang Anda dapatkan, semakin tinggi resikonya. Jadi Anda harus benar-benar mengelola investasi Anda dengan sebaik-baiknya.

4. Mempersiapkan kebutuhan masa depan

Manfaat utama berinvestasi bagi pemula adalah penyiapan dana untuk kebutuhan masa depan. Misalnya, Anda ingin menyiapkan dana masa depan untuk biaya pendidikan, biaya pernikahan, hingga biaya pensiun. Dengan berinvestasi, Anda sudah mulai mempersiapkan diri sedini mungkin dan mengantisipasi hal-hal lain yang mungkin terjadi.

Jenis Investasi untuk Pemula

1. Reksa Dana

Bagi Anda yang ingin mencoba berinvestasi tetapi memiliki dana terbatas, Anda bisa mencoba investasi reksa dana. Reksa dana merupakan tempat menghimpun dana dari investor untuk diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Dalam prosesnya, manajer investasi akan mengelola porsi penempatan dana yang Anda investasikan di pasar uang, saham, dan surat utang. Manajemen investasi juga akan membantu Anda untuk menentukan komposisi saham apa yang akan dibeli agar Anda mendapatkan keuntungan.

2. Emas

Emas bisa menjadi pilihan investasi bagi Anda yang masih pemula. Berinvestasi emas mudah dilakukan dan harganya cenderung naik dari waktu ke waktu. Investasi emas memiliki likuiditas yang tinggi sehingga dapat dicairkan atau dijual kembali dengan cepat saat Anda membutuhkan dana darurat.

Meski bisa dicairkan kapan saja, ada baiknya Anda mempersiapkan investasi emas ini untuk keuntungan jangka panjang 10 hingga 20 tahun ke depan agar keuntungan yang Anda dapatkan dari berinvestasi emas akan terasa maksimal.

Sekarang untuk berinvestasi emas, Anda tidak perlu menunggu ketika Anda memiliki banyak uang. Banyak lembaga keuangan yang menawarkan program tabungan angsuran emas bagi Anda yang memang ingin berinvestasi emas.

3. Deposito

Deposito adalah investasi berjangka yang dapat diambil dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu yang ditentukan biasanya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan. Jadi, jika Anda berinvestasi dalam bentuk deposito, investasi Anda tidak dapat ditarik setiap saat selain dari jangka waktu yang ditentukan.

4. Saham

Besarnya keuntungan yang ditawarkan dari investasi saham ini menjadi investasi yang paling disukai oleh berbagai kalangan. Dibandingkan dengan keuntungan besar yang ditawarkan, berinvestasi di saham memiliki resiko yang tinggi. Hal ini disebabkan fluktuasi pasar saham yang terjadi setiap hari sehingga mempengaruhi return atas saham yang dimiliki.

Sebelum Anda terjun ke dunia investasi saham, ada baiknya untuk mengetahui dan mempelajari terlebih dahulu jenis-jenis saham yang ada dan perusahaan mana saja yang memiliki kredibilitas yang baik agar modal yang Anda investasikan dapat mencapai keuntungan yang diinginkan.

Jika Anda pemula dalam berinvestasi Anda bisa menggunakan P2P lending . P2P lending merupakan salah satu cara orang meminjamkan uang kepada individu atau bisnis. Sebagai pemberi pinjaman, Anda akan menerima bunga dan mendapatkan uang Anda kembali saat pinjaman dilunasi.

Related posts