5 Arsitek Terpopuler di Indonesia dengan Hasil karya yang Menakjubkan

Ketika melihat bangunan yang bagus, tentu terbersit siapa yang membangunnya. Beberapa arsitek terpopuler di Indonesia memiliki karya bangunan menakjubkan yang sudah mendunia.

5 Arsitek Terpopuler di Indonesia

Berikut ini beberapa arsitek terpopuler di Indonesia, antara lain:

Achmad Noe’man

Nama pertama yang harus Anda tahu adalah Achmad Noe’man. Ada banyak karya mengagumkan yang berdiri hingga sekarang.

Sebut saja, Masjid Islamic Center di Jakarta. Masjid Amir Hamzah Ismail Marzuki yang terletak di Bandung. 

Masjid At Tin menjadi salah satu karya beliau. Tak berhenti di Indonesia saja, melainkan karyanya juga ada di luar negeri.

Masjid Syekh Yusuf yang berada di Cape Town, Afrika Selatan adalah karya Achmad Noe’man. Selain itu, beliau menjadi salah satu pendiri Ikatan Arsitek Indonesia.

Ridwan Kamil

Kang Emil berada di urutan kedua. Nama Ridwan Kamil sudah tak asing lagi karena cukup dikenal kaum milenial.

Selain menjadi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjadi salah satu arsitek ternama. Pria lulusan ITB ini sempat melanjutkan karir di Amerika.

Ridwan Kamil mengenyam pendidikan S2 di salah satu Universitas di Amerika Serikat. Sembari menjalani kuliah, ia bekerja part time di Departemen Perencanaan Kota Berkeley.

Tahun 2002, Ridwan Kamil kembali ke Indonesia dan 2 tahun kemudian mendirikan Urbane. Perusahaan yang bergerak di beberapa bidang, salah satunya arsitektur.

Sebelum mengembang tugas sebagai Walikota Bandung, Ridwan Kamil telah memiliki prestasi dan karya arsitek yang patut diacungi jempol.

Rumah botol di kota Bandung sebagai salah satu karya yang terbuat dari sekitar 30 ribu botol bekas. Bangunan tersebut mendapatkan Green Design Award oleh BCI.

YG Mangunwijaya PR

Arsitek terbaik di Indonesia selanjutnya, yaitu YG Mangunwijaya PR. Lulusan dari ITB 1959 ini memiliki karya yang melekat di jiwa banyak orang.

YG Mangunwijaya PR dikenal juga sebagai Bapak Arsitektur Modern Indonesia. Karyanya pun tidak hanya di dalam negeri, melainkan di luar negeri juga.

Salah satu paling terkenal adalah beberapa gereja, Bentara Budaya dan kawasan permukiman di Kali Code. 

Frederich Silaban

Meskipun hanya lulusan STM, namun rancangan Frederich Silaban tidak dianggap sebelah mata. Sebab, ia membuktikan bahwa latar belakang pendidikan tidak mempengaruhi kesuksesannya.

Monumen Khatulistiwa, Gelora Bung Karno, Monumen Nasional hingga Masjid Istiqlal merupakan deretan karya beliau. Frederich Silaban mendapatkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Sipil dari pemerintah.

Emporio Architect 

Di urutan terakhir, Emporio Architect patut diperhitungkan di dunia arsitek. Perusahaan jasa arsitek ini menyediakan jasa desain terbaik bagi klien.

Berdiri di tahun 2006, CV Emporio Architect kemudian memperluas usahanya di bidang properti. Namun, pada tahun 2014, akhirnya berfokus pada sektor jasa arsitek profesional.

Salah satu cara yang akan membantu Anda memilih jasa arsitek, yaitu dengan melihat portofolionya. Emporio Architect menyediakan beberapa hal, antara lain:

  • Desain rumah terbaru
  • Desain rumah terbaik
  • Desain villa
  • Desain bangunan lain

Beberapa style yang bisa Anda pilih, antara lain:

  • Style villa Bali tropis
  • Style modern tropis
  • Style mediterania tropis
  • Style modern classic
  • Style modern industrial

Selain menilai portofolio untuk mengetahui bagaimana kinerja jasa arsitek, Anda bisa melihat testimoni klien. Emporio Architect menjadi berkembang pesat bukan tanpa sebab.

Hal ini didukung tim yang sangat responsif dan kooperatif. Hal ini ditandai dengan komunikasi dengan para klien yang baik, termasuk dalam hal menyampaikan informasi.

Arsitek terpopuler di Indonesia bisa Anda lihat dari hasil karya bangunan yang memiliki makna bagi beberapa orang. 

Related posts