Pemerintah Kota Semarang Diminta Peringati Hari Jadi 12 Rabiul Awal

SEMARANG, Jagaberita.com – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kota Semarang meminta pemerintah memperingati Hadi Jadi Kota Semarang berdasarkan versi tahun Hijriah, yakni setiap tanggal 12 Maulud atau 12 Rabiul Awal.

Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Semarang M Shodri menyatakan, menyambut peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober, pihaknya ingin mengingatkan pemerintah. Bahwa dalam sejarah resmi pemerintah menyebutkan Hari Jadi Kota Semarang adalah ditetapkan berdasar peristiwa dinobatkannya kepala daerah pertama, yaitu Sunan Pandanaran sebagai Adipati Semarang. Penobatan itu adalah terjadi pada 12 Maulud tahun 945 Hijriyah (H).

“Kita tahu, Demak Bintara adalah Kasultanan Islam. Penanggalannya memakai kalender hijriyah. Sultan Hadiwijaya melantik Sunan Pandararan menjadi Adipati Semarang itu pada 12 Maulud 945,” papar Sodri.

BACA JUGA  Dewan Dorong Penguatan Satgas Siaga Covid-19

Selama ini, kata Sodri, pemerintah mengambil peristiwa penobatan itu dari versi penanggalan Masehi (M), yaitu 2 Mei 1547. Padahal Sultan Hadiwijaya yang melantik dan Sunan Kalijaga yang mendoakan Pelantikan sang Adipati, sengaja memilih tanggal 12 Maulud mengambil momen Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Sudah seharusnya Pemkot Semarang memperingati Hari Jadi Kota Semarang bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi. Kembali ke semangat awal perisitwa yang diperingati,” katanya.

Sekarang ini, sambung Sodri, adalah momen sangat tepat. Karena bulan Oktober 2020 Masehi ini pas atau bertepatan dengan bulan Maulud 1442 Hijriyah.

BACA JUGA  Laporan Keuangan Jateng 2019 Raih WTP

“Sekarang waktu yang tepat. Seraya memperingati Hari Santri, kita semarakkan peringatan Hari Jadi Kota Semarang di momen Maulid Nabi,” ujar tokoh Gerakan Pemuda Ansor ini.

Wakil rakyat yang duduk di Komisi A DPRD Kota Semarang ini melanjutkan, Fraksi PKB juga meminta pemerintah membuat Perda Pondok Pesantren sebagai turunan dari UU Pesantren. Di perda itu, di antaranya mengatur pemberian beasiswa santri untuk mendukung dan memberi penghargaan bagi santri berprestasi maupun yang kurang mampu. (arf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *