Antisipasi Genangan, DPU Kota Semarang Perbaiki Saluran Drainase Bubakan

Perbaikan salutan drainase bundaran Bubakan. (Arf/JB)

SEMARANG, Jagaberita.com – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang saat ini sudah melakukan kegiatan pembenahan saluran drainase di Bundaran Bubakan tengah.

Diharapkan, jika proses pembongkaran dengan pembersihan sedimen telah selesai maka saluran akan kembali lancar dan genangan air di sekitar lokasi bisa teratasi dengan baik.

Kepala DPU Kota Semarang, Sih Rianung, mengatakan, selama ini sedimentasi di daerah tersebut terbilang cepat mengalami pendangkalan.

Setidaknya, kata dia, ada empat hingga lima alat berat dan dump truk yang diturunkan untuk membersihkan saluran drainase di sana.

BACA JUGA  Satpol PP Kota Semarang Tertibkan Pedagang Pasar Tumpah Sendangmulyo

”Selain itu, kami juga akan memindahkan beberapa paving yang ada di sana. Paving-paving itu akan dibawa ke daerah Genuk dan Pedurungan, untuk dimanfaatkan kembali bagi penataan saluran di dua daerah tersebut. Soalnya, paving-paving tersebut beberapa diantaranya masih ada yang bagus,” ujar dia, saat ditemui di kantornya.

Menurut Rianung, ini tergolong merupakan kegiatan pemeliharaan saluran yang memang rutin dilaksanakan. Kegiatan dimaksudkan untuk menangani permasalahan genangan dan banjir di sepanjang saluran drainase tersebut.

BACA JUGA  PKS Kota Semarang Salurkan 9,5 Ton Beras untuk Warga Terdampak Covid-19

Proses pembersihan drainase, lanjut dia, sekaligus dalam rangka mendukung pembangunan Museum Bubakan yang terletak di dalam bundaran.

”Proses pembersihan saluran diperkirakan akan berlangsung hingga beberapa waktu mendatang. Hingga rencana pembukaan museum akan dilakukan. Kegiatan pembersihan di bagi atas empat bagian pengerjaan. Jadi, kami menutup jalan di sekitar lokasi sekaligus melakukan proses pembersihan saluran,” ucap Rianung.

Selama ini, ungkap dia, daerah Bubakan dan sekitarnya memang sering mengalami genangan air. Khususnya, saat musim hujan tiba.

”Ini merupakan bagian dari salah satu prioritas kami, dalam penanganan permasalahan banjir yang sering melanda beberapa titik di Kota Semarang,” tambahnya. (JB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *