Panitia Qurban Musholla Al Falah Semarang Ciptakan Alat Perebah Sapi

Proses penyembelihan hewan kurban di Musholla Al Falah, Kelurahan Kembangarum, Semarang Barat.(doc)

SEMARANG, Jagaberita.com – Proses penyembelihan hewan qurban pada Idul Adha 1441 H di Musholla Al Falah, Kelurahan Kembangarum, Semarang Barat, terlihat berbeda dari tempat lain. Apabila pada umumnya saat proses penyembelihan hewan qurban, khususnya sapi, terjadi kegaduhan karena sapi mengalami stress kemudian meronta-ronta.

Namun para panitia di Musholla Al Falah ini berhasil membuat sebuah alat untuk merebahkan sapi dengan aman dan efektif tanpa mengakibatkan sapi menjadi stress. Alat ini dibuat atas inisiatif dari para panitia agar bisa memudahkan dalam proses penyembelihan hewan qurban.

BACA JUGA  Soal Penertiban Angklung Kota Lama, Ini Komentar Kasatpol PP Kota Semarang

“Aman bagi para petugas penyembelihan dan masyarakat yang menyaksikan, karena dengan alat tersebut sapi direbahkan dengan tenang tanpa meronta-ronta dan kedua kaki tidak dapat bergerak yang membahayakan bagi petugas” ungkap Sukimin, Ketua Panitia.

Ia menambahkan alat tersebut dibuat dengan sangat sederhana sehingga tidak mengeluarkan biaya yang besar, bahkan dapat memanfaatkan besi bekas. Adapun lama proses penyembelihan sejak dari sapi dimasukan ke alat, kemudian disembelih sampai dibawa ke tempat/lokasi pengulitan hanya membutuhkan waktu 15 menit.

BACA JUGA  Disperkim Kota Semarang Fokus Pada Pemeliharaan

“Kenapa bisa dalam waktu yang singkat karena alat tersebut dilengkapi dengan roda sehingga bisa digunakan untuk memidahkan sapi ke lokasi yang diinginkan setelah disembelih tanpa kesuliatan” papar Sukimin usai pembagian daging qurban.

Sukimin dan kawan-kawan berharap semoga adanya alat ini memberikan inspirasi kepada seluruh panitia idul adha agar dikemudian hari tidak kesulitan dalam penyelenggaraan idul qurban. (JB/Af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *