Kasus Covid-19 Terus Bertambah, PKM Kota Semarang Diperpanjang Lagi

Walikota Semarang Hendrar Prihadi saat memberikan keterangan pers terkait dengan perkembangan covid-19 di Kota Semarang. (Arif Nugroho/JB)

SEMARANG, Jagaberita.com – Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 kembali diperpanjang.

“Kami memutuskan PKM harus diteruskan, karena sebagai payung hukum untuk kegiatan patroli pencegahan penyebaran covid-19 yang melibatkan TNI, Polri, dan Pemkot,” katanya, Minggu (5/7/2020).

Lebih lanjut, Walikota Semarang yang akrab disapa Hendi itu mengungkapkan, perpanjangan PKM kali ini tanpa periode atau tanpa batas waktu yakni menyesuaikan dengan kondisi atau jumlah penderita covid-19.

“Perpanjangan Perwal tanpa periode, khususnya kalau ada hal-hal yang dirasa sangat mendesak untuk menyelesaikan PKM karena angkanya sudah mulai menurun itu bisa saja PKM di hentikan. Tapi sebaliknya jika angka penderita naik terus mungkin akan ada penambahan pasal di dalam Perwal PKM untuk pengetatan didalam kegiatan masyarakat,” ungkapnya.

Disisi lain, update penderita covid-19 di Kota Semarang lanjut Hendi saat ini berjumlah 718 orang positif covid-19, sebanyak 934 orang sembuh, dan angka kematian sebanyak 135 orang.

Hendi menjelaskan, masifnya rapid dan swab test massal yang dilaksanakan menimbulkan kasus Covid-19 banyak diketahui. Pihaknya akan tetap berlakukan tes massal untuk mendeteksi sedini mungkin orang yang terpapar Covid-19.

“Kita masih tetap memberlakukan tes masal, termasuk dari hasil tracking ini salah satu industri kita sudah melakukan tes ke beberapa karyawannya. Intinya kita terus mengejear jalur ini atau tracking ini sehingga tidak ada penularan di lingkungan keluarga di semarang karena ketidak tahuan,” imbuhnya. (JB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *