KA Kamandaka Kembali Beroperasi, KA Kaligung Tambah Perjalanan Mulai 19 Juni 2020

ilustrasi kereta api

SEMARANG, Jagaberita.com – Secara konsisten secara bertahap perjalanan sejumlah Kereta Api di wilayah Daop 4 Semarang terus ditambah. Pada tanggal 19 Juni 2020 kembali akan bertambah perjalanan Kereta Api di wilayah Daop 4 Semarang, yaitu KA Kamandaka relasi Purwokerto – Sm-Tawang PP dan Kaligung relasi Cirebon / Brebes – Sm-Poncol PP.

“Kami PT KAI Daop 4 Semarang tetap optimis akan kepercayaan masyarakat terhadap moda angkutan transportasi Kereta Api yang akan menjadi pilihan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini,” kata Manager Humas PT KAI Daop 4 semarang, Krisbiantoro, Rabu (17/6/2020).

Walaupun okupansi secara keseluruhan sejak dioperasikannya kembali KA di wilayah Daop 4 Semarang sejak tanggal 8 hingga 17Juni 2020, masih belum memenuhi harapan yakni hanya 16%, PT KAI Daop 4 Semarang tetap melayani masyarakat dengan menambahkan frekuensi perjalanan KA dengan pilihan waktu yang lebih banyak.

Penumpang yang melakukan perjalanan menggunakan KA Kaligung dan Kamandaka, digolongkan sebagai perjalanan orang di dalam wilayah / kawasan aglomerasi.

Dengan demikian protokol kesehatan tetap diterapkan di lingkungan stasiun dan di Kereta Api saat dalam perjalanan, tetapi berbeda dengan protokol kesehatan yang diterapkan untuk KA jarak jauh tujuan Jakarta ataupun tujuan Surabaya.

“Para petugas kami yang melayani pelanggan Kereta Api juga memakai APD dan prosedur yang dipersyaratkan dalam protokol kesehatan. Untuk itu kami himbau kepada masyarakat pelanggan Kereta Api juga mengikuti aturan yang berlaku demi kesehatan, kelancaran dalam menggunakan moda angkutan transportasi Kereta Api,”tandasnya.

Kris juga menjelaskan, untuk pembelian tiket KA Kamandaka maupun KA Kaligung dapat dipesan melalui aplikasi KAI ACCESS atau di channel ekternal mitra KAI mulai H -7 hingga satu jam sebelum keberangkatan KA yang dimaksud.

“Masih di masa adaptasi kebiasaan baru ini, kapasitas angkut KA Kamandaka dan Kaligung hanya 70 % atau 405 tempat duduk untuk KA Kamandaka dan 504 tempat duduk untuk KA Kaligung,” ungkapnya.

Dengan pembatasan kapasitas ini tentunya sebagai salah satu upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

“Kami juga mengakomodir pembelian Go-Show / langsung di stasiun mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA dengan sisa tempat duduk yang masih tersedia,” tambahnya. (JB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *