DPU Kota Semarang Bangun Ruma Kali, Spot Baru untuk Berkreasi

Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin didampingi Kepala DPU Kota Semarang Sih Rianung dan Kabid Bina Marga DPU Kota Semarang, Suriyaty meresmikan Ruma Kali Baru-baru ini. (Doc)

SEMARANG, Jagaberita.com – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Sih Rianung mengatakan, bahwa saat ini pihaknya terus berupaya  untuk menghidupkan kawasan Kampung Kali. Salah satunya dengan membangun Ruma Kali di depan SMP Negeri 3 Semarang Jalan Mayjend Sutoyo.

Menurutnya, tujuan dibangunnya Ruma Kali yakni untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) di area perkotaan. Nantinya, Ruma Kali diperuntukkan bagi komunitas-komunitas kreatif di Kota Semarang untuk berkarya.  

“Ruma Kali ini untuk creative communal space masyarakat Semarang. Penyediaan lahan untuk ruang publik ini juga mendukung Peraturan Menteri Dalam Negeri No 1 Tahun 2007 tentang RTH Kawasan Perkotaan,” katanya, kemarin.

Lebih lanjut, Ia menambahkan selama ini di sepanjang wilayah Kampung Kali yang baru tersentuh adalah aspek ekologi atau lingkungan. Sementara aspek estetika dan sosial belum dimaksimalkan. Untuk itu, perlu ada solusi kreatif terkait crowd arrangement atau pengaturan kerumunan pada jam pulang sekolah di kawasan tersebut.

“Saat malam hari di kawasan Kampung Kali juga sedikit gelap dan sepi, tidak ada aktivitas sosial maupun penerangan yang memadai. Agar suasana yang lebih hidup dan mengurangi risiko kriminalitas maka dibangun Ruma Kali,” lanjutnya.

Untuk fasilitas, Siah Rianung menjelaskan, di Ruma Kali menyediakan fasilitas isi ulang telepon seluler dan jaringan internet gratis, ruang kreasi dan desain yang dibuat lebih Instagrammable. Ia berharap Ruma Kali bisa mendorong kreativitas masyarakat di sekitar Kampung Kali.

“Kami yakin Ruma Kali jadi spot baru anak-anak milenial, yang suka swafoto. Untuk itu, kami juga berpesan kepada masyarakat untuk bersama-sama merawat Ruma Kali. Jaga fasilitas yang ada agar tidak rusak,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Bina Marga DPU Kota Semarang, Suriyaty, menambahkan, untuk menarik masyarakat, Ruma Kali tersedia sejumlah fasilitas diantaranya fasilitas isi ulang telepon seluler dan jaringan internet gratis, ruang kreasi dan desain yang dibuat lebih Instagrammable. Ia berharap Ruma Kali bisa mendorong kreativitas masyarakat di sekitar Kampung Kali.

“Kami yakin Ruma Kali jadi spot baru anak-anak milenial, yang suka swafoto. Dan yang lebih penting, kami juga berpesan kepada masyarakat untuk bersama-sama merawat Ruma Kali. Jaga fasilitas yang ada agar tidak rusak,” ujarnya

Selain itu, kedepan Pemerintah Kota Semarang juga akan terus mengembangkan kawasan Kampung Kali  dengan membangun lagi Public Space dengan konsep yang berbeda.

“Harapan kami, kedepan kawasan Kampung Kali bisa menjadi kawasan ruang public dengan konsep tematik secara bertahap,” tambahnya. (JB/Arf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *