H-2 Lebaran, Mensos Tinjau Penyaluran BST di Kabupaten Pekalongan

Menteri Sosial RI Juliari P Batubara saat meninjau Penyaluran Bansos Tunai di Kantor Pos Kesesi Pekalongn, Jawa Tengah, Jumat (22/5/2020).(doc)

PEKALONGAN, Jagaberita.com – Dua hari jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri, Menteri Sosial (Mensos) Juliari Pieter Batubara tetap bertugas mengawasi dan memantau proses distribusi Bantuan Sosial Tunai (BST) di daerah.

Mensos Juliari tampak memantau penyaluran BST untuk warga terdampak covid-19 di Kecamatan  Bojong,  Kabupaten Pekalongan, Jumat pagi (22/5/2020).

Seperti diketahui, Mensos dalam perjalanan kembali ke Jakarta, setelah sehari sebelumnya Mensos berkunjung ke Kota Semarang, Kota Surakarta, dan Ambarawa. Alih-alih langsung menuju Jakarta, Mensos memilih bergerak menuju Kantor Kecamatan Bojong.

Sama dengan kota-kota yang sudah dikunjungi, di Pekalongan Mensos juga mengecek proses pencairan Bantuan Sosial Tunai  (BST).

“Saya hadir di sini atas arahan Presiden. Untuk memastikan BST disalurkan kepada masyarakat dengan lancar. Saya pastikan memang berjalan lancar.  Dan yang penting rakyat happy,” kata Mensos.

Dalam kunjungan tersebut, Mensos juga berdialog dengan KPM dan mengecek proses pencairan BST. Salah satu KPM menyatakan hanya perlu dua hari sejak menerima undangan pencairan BST, ia sudah bisa datang ke kantor kecamatan untuk mencairkan uang.

Total di Kabupaten Pekalongan tercatat 10.754 KPM Program BST.  Adapun total penerima BST di Provinsi Jawa Tengah sebanyak 1.193.445 KPM.

Secara umum, Mensos menilai realisasi BST berjalan baik. Tahap I selesai sebelum Idul Fitri, dan tahap selanjutnya berjalan setelah Lebaran.

Sementara itu, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyatakan KPM BST terdaftar sebanyak 2.416 KPM di Kecamatan Bojong.

“Insya Allah ini hari terakhir, Pak Menteri.  Semua terlayani. Jadi untuk BST Tahap l kami sudah bisa salurkan 100%,” tambahnya. (JB/Arf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *