Cerita Kumayati, Warga Semarang Penerima BST dari Kemensos

Nenek Kumayati, peneriman BST dari Kemensos usai mengantri di Kantor Pos Besar Johar Semarang. (doc)

SEMARANG, Jagaberita.com – Penyaluran dana Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial (Kemensos) untuk meringankan beban masyarakat akibat pandemi covid-19, hingga saat ini terus berjalan. Tak terkecuali di Kota Semarang.

Sementara dari pantauan, Jumat (15/5/2020), antrean penyaluran Bantuan Sosial Tunai di Kantor Pos Johar Semarang tampak mulai longgar, disbanding kemarin. Keluarga Penerima Manfaat (PKM) yang mengantri tersebut akan menerima bantuan sebesar Rp 600 ribu/PKM.

Salah satunya yakni, Kumayati. Dengan sedikit tertatih, lansia berusia 73 tahun ini memegang dokumen undangan KPM BST sembari membawa kartu identitas.

Tangan Kumayanti terlihat gemetar, ia baru saja menerima pengobatan luka bakar dibagian tangan karena tak sengaja terkena kobaran api saat membakar sampah.

Kumayanti merupakan Warga Bugangan Raya, kelurahan Rejomulyo, Semarang Timur. Ia tinggal berdua dengan suaminya yang hanya bisa terbaring lemah lantaran penyakit stroke yang diderita.

“Saya sangat bersyukur, keadaan saat ini sedang sangat sulit. Tadi pagi mendapat kabar dari Bu RT kalau saya mendapatkan bantuan BST dari pemerintah,” katanya.

Setelah selesai mengantri, Kumayati pun bercerita bahwa selama ini untuk memenuhi biaya kebutuhan sehari-hari ia mengandalkan pemberian dari anaknya.

“Suami saat ini sedang sakit stroke, untuk kebuthan sehari-hari mengandalkan pemberian dari anak. Dan hari ini saya sangat beryukur bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah,” ungkapnya.

Dengan adanya bantuan sosial tunai tersebut, Kumayanti merasa terbantu. “Sangat terbantu, ini bisa buat tambahan kebutuhan sehari-hari. Terima kasih pak Jokowi, terima kasih pak Menteri sosial,” ucapnya senang.

Seperti yang diketahui, pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kota Semarang telah berlangsung sepekan ini. Total sebanyak 47.129 Keluarga Penerima Manfaat (PKM) akan menerima bantuan sebesar Rp. 600.000 per KPM.

Kepala Kantor Pos Semarang, Mujiyono saat ditemui disela penyaluran BST di Kantor Pos Besar Johar Semarang, Jumat mengatakan penyaluran BST dilakukan dalam tiga tahap.

“Untuk kota Semarang, data KPM yang diterima PT Pos ada sebanyak 47.129. Mereka akan mendapatkan BST senilai Rp. 600.000 selama tiga bulan,” ujar Mujiyono.

Mujiyono memaparkan mekanisme penyaluran BST melalui kantor pos. Menurutnya, ada tiga cara pencairan dana BST yakni secara door to door mendatangi langsung ke rumah PKM. Kedua, diserahkan langsung di kantor pos masing-masing, atau yang ketiga lewat komunitas.

Selain melalui Kantor Pos, mekanisme penyaluran BST ada juga yang melalui Himbara (perbankan). Di kota Semarang, penyaluran BST lewat Bank BTN ada 116 KPM, BRI 3.197 KPM, Bank Mandiri ada 866 PKM dan BNI ada 1.397 KPM. (JB/Arf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *