Unit K-9 Satpol PP Kota Semarang, Satu-satunya di Jateng

Anjing Lucy saat memperagakan aksi mengusir huru-hara di halaman Kantor Satpol PP Kota Semarang. (Arif Nugroho/JB)

SEMARANG, Jagaberita.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang memperkenalkan Unit Satwa K-9 berupa tiga anjing yang masing-masing memiliki kemampuan untuk mendukung tugas dari Satpol PP Kota Semarang.

Anjing tersebut yakni bernama Coco, Lucy dan Bromo memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mendeteksi suatu peristiwa atau yang dibutuhkan.

Coco memiliki skill untuk mendeteksi miras, Bromo untuk mendeteksi korban bencana dan Lucy memiliki skill untuk mengusir aksi huru hara.

Terkait hal itu, Kasat Pol PP Kota Semarang Fajar Purwoto menyatakan, unit Satwa telah dimilikinya sejak 2017 dan sangat membantu tugas-tugas dari Satpol PP.

“Kita punya dua jenis anjing, Jerman Silver dan Belgian. Semuanya difungsikan sesuai skill masing-masing anjing,” katanya.

Menurut Fajar, selama memiliki unit K-9, setiap event besar selalu diturunkan, misal aksi unjuk rasa, penertiban pasar dan lain sebagainya.

“Terbukti sangat membantu tugas kita. Anjing-anjing itu akan bergerak sesuai perintah sang pawang. Kebetulan kita memiliki 6 pawang. Untuk fungsi yang lain kita selalu koordinasi dengan Polrestabes Semarang, kita sifatnya membantu,” ungkapnya.

Disinggung kenapa unit K-9 yang diajukan dalam inovasi Satpol PP se Jateng ini, Fajar menegaskan karena unit K-9 ini satu-satunya yang dimiliki Satpol PP se Jawa Tengah.

“Unit K-9 Satpol PP Kota Semarang ini satu-satunya di Jawa Tengah, mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi Satpol PP di Jawa Tengah,” tambahnya. (JB/Arf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *