Pasarkan Produk Secara Global dengan UMKM Digital

Foto Bersama, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Prof. Widodo Muktiyo bersalaman dengan Asisten Administarasi Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Semarang, Widoyono usai Seminar Digitalk di Balai Pertemuan Kota Semarang, Kamis (13/2/2020). (Muthia/JB)

SEMARANG, Jagaberita.com – Persaingan dunia bisnis saat ini begitu ketat, terlebih dengan perkembangan teknologi yang saat ini terus berkembang pesat, dimana berbagai macam produk saat ini dapat dipasarkan secara global dengan sistem digital.

Dengan perkembangan persaingan pasar tersebut, mau tidak mau pelaku usaha harus melakukan berbagai inovasi, salah satunya dengan merubah sistem penjualan dari konvensional ke digital.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Prof. Widodo Muktiyo mengatakan, pasar digital tersebut dapat membangun perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dalam jangkauan lebih luas secara global dan lebih cepat.

“Kami punya program untuk terus mendorong UMKM Digital. Ini bertujuan untuk meningkatkan struktur ekonomi kecil menengah supaya melompat lebih kuat lagi,” katanya, usai pembukaan Seminar Digitalk di Balai Pertemuan Kota Semarang, Kamis (13/2/2020).

Lebih lanjut Widodo mengungkapkan, melalui UMKM Digital tersebut pelaku usaha saat ini mulai menyadari bahwa melalui sistem penjualan digital atau online tersebut dapat menjangkau lebih luas dalam hal pemasaran.

“Dari data itu kita kelola menjadi Pasar Maya, lalu kita distribusikan seluas-luasnya kepada masyarakat. Jadi kita hanya dengan smartphone saja, bisa berjualan diseluruh dunia. Hanya tinggal bagaimana kemasannya supaya bisa terlihat semenarik mungkin,” tambahnya.

Disisi lain, Asisten Administarasi Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Semarang, Widoyono mengatakan, saat ini di Kota Semarang terdapat 17 ribu UMKM dan 10 ribu diantaranya sudah menggunakan digital marketing dalam penjualan produk.

“Pemkot Semarang terus melakukan berbgai inovasi untuk mendukung UMKM dapat lebih berkembang,” katanya.

Lebih lanjut Widoyono menjelaskan, melalui seminat Digitalk kali ini diharapkan pelaku UMKM juga dapat lebih mengerti dan menerapkan sistem penjualan melalui online atau digital marketing.

“Kalau di UMKM sudah diberi ilmu nanti Pemkot melalui Diskominfotik Kota Semarang yang akan menjaga, merawat, memantau, mendorong agar Pasar Maya UMKM itu meningkat. Dan penghasilannya juga meningkat melalui online,” tambahnya. (JB/Arf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *