Belum Berijin, Gerai Starbuck di Segel

Petugas Satpol PP Kota Semarang melakukan penyegelan terhadap bangunan Gerai Starbuck Tugu Muda, Rabu (12/2/2020). (Muthia/JB)

SEMARANG, Jagaberita.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang melakukan penyegelan terhadap bangunan Gerai Starbuck yang ada di Museum Mandala Bhakti, kawasan Tugu Muda Semarang, Rabu (12/2/2020).

Kasatpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, penyegelan tersebut disebabkan Gerai Starbusk yang saat ini sedang dalam progress pembangunan tidak mengantongi ijin dari Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang sehingga melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2009 tentang bangunan.

“Sudah kami cek di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP), dan tidak mengantongi ijin. Kami hentikan sementara untuk proses pembangunannya,” katanya.

Selain tidak memiliki ijin, bangunan Gerai Starbuks Tugu Muda ini berdiri di lahan Cagar Budaya. Pihaknya tidak mempersoalkan mau untuk usaha apapun, asalkan tidak menabrak aturan dari Pemkot Semarang.

“Kita tidak mempersoalkan mau untuk apa asalkan taati aturan Pemkot Semarang, perijinan, IMB dan lain-lain. Bangunan yang tidak memiliki ijin akan kita tutup,” tandas Fajar.

Lebih lanjut Fajar menegaskan, setelah dilakukan penyegelan, pihaknya akan melakukan pemanggilan terhadap pemilik untuk klarifikasi perijinannya.

“Jika nanti dari klarifikasi ini ternyata tidak boleh ada bangunan baru di Cagar Budaya, maka bangunan akan kita robohkan,” ungkapnya.

Fajar menambahkan, setelah penyegelan, pihaknya memberikan waktu 7 hari untuk melengkapi ijin pembangunan. “Tujuh hari tidak ada klarifikasi, kami akan bongkar paksa bangunan itu,” tegasnya.(JB/Arf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *