Program Sekolah Swasta Gratis Pemkot Semarang Dimulai Tahun Ini

Siswa SD tengah latihan baris berbaris di halaman sekolah. (doc./jagaberita.com)

SEMARANG, Jagaberita.com – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan, terkait dengan program sekolah swasta gratis, saat ini pihaknya terus melakukan persiapan, termasuk terkait dengan teknis pelaksanaan.

Hal ini mengingat, program yang di canangkan oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi tersebut akan dimulai pada tahun ajaran baru mendatang atau tahun ajaran 2020/2021.

“Untuk tahap awal, rencana akan ada 7 TK, 14 SD dan 20 SMP Swasta yang akan diberi bantuan operasional pendidikan (BOP) yang saat ini sudah dianggarkan di APBD Kota Semarang,” katanya, Senin (13/1/2020).

Lebih lanjut, Gunawan mengungkapkan total anggaran yang dikucurkan untuk program sekolah swasta gratis itu sebesar Rp 5,4 miliar. Anggaran tersebut menjadi pendamping bantuan operasional sekolah (BOS) yang diberikan oleh Pemerintah Pusat. Diharapkan, bisa digunakan untuk keperluan sekolah yang tidak dianggarkan BOS.

“Anggaran itu (BOP -red) juga sebagai pendamping BOS. Jadi harapannya hal-hal yang tidak tercover oleh dana BOS dapat menggunakan dana BOP itu,” ungkapnya.

Menurutnya, biaya operasional yang ditanggung Pemkot masih standar minimal. Jika sekolah tersebut ingin lebih maju, diharapkan bisa mendatangkan bantuan melalui CSR ataupun sumbangan pihak ketika.

“Sumbangan orang tua atau komite itu boleh sepanjang tidak membebankan setiap siswa ditarik operasional. Yang namanya sumbangan kan boleh ngasih boleh tidak,” tambahnya. (JB/Arf).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *