Ada Loket Layanan Pelanggan Baru di Stasiun Tawang, Ini Tanggapan Penumpang

Beberapa Calon Penumpang saat Membeli Tiket di Loket Pelayanan Pelanggan Stasiun Semarang Tawang. (Arif Nugroho/JB)

SEMARANG, Jagaberita.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang saat ini terus melakukan perbaikan baik dari sisi pelayanan penumpang, maupun infrastruktur pendukung stasiun. Yang terbaru adalah peresmian Loket Layanan Pelanggan di Stasiun Semarang Tawang, yang diresmikan langsung oleh Direktur PT KAI (Persero) Edi Sukmoro, pada Jumat (27/12/2019) lalu.

Keberadaan Loket Layanan Pelanggan tersebut pun mendapat tanggapan positif dari beberapa warga atau pengguna moda transportasi kereta api. Salah satu pengguna penumpang KA Ahmad Mustofa (37) mengatakan, saat ini pelayanan kereta api jauh lebih meningkat dibanding beberapa tahun lalu.

“Kehadiran loket layanan pelanggan di Stasiun Tawang ini lebih memudahkan kami sebagai penumpang untuk menggunakan  transportasi kereta api. Tidak perlu berdiri untuk antri tiket lagi, sudah ada system nomor dan lebih tertib, dingin lagi,” katanya, Jumat (3/1/2020).

Informasi terkait dengan jadwal kereta api, lanjut Mustofa, lebih mudah dilihat melalui layar jadwal perjalanan yang berjalan secara real time di loket itu.

“Sudah ada papan digital informasi yang lebih memudahkan kita untuk melihat jadwal perjalanan kereta. Ini jauh lebih baik dari sebelumnya yang kita harus berdiri antri untuk mendapatkan tiket. Karena kan tidak semua orang bisa mengakses secara online,” ungkapnya.

Loket Customer Service Stasiun Tawang.

Senada, Arif Prayoga (34) mengungkapkan, apresiasi untuk PT KAI (Persero) yang terus melakukan pembenahan, baik dalam hal pelayanan maupun fasilitas stasiun. Menurutnya, menggunakan moda transportasi kereta api saat ini jauh lebih nyaman.

“Dulu kita naik kereta seperti KA berdesak-desakan. Masih ada yang merokok diatas kereta, ada juga yang duduk dilantai. Sekarang pelayanan terhadap penumpang jauh lebih nyaman, ber AC, dapat no tempat duduk, dan untuk ketertiban di dalam kereta juga sangat diutamakan,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, Yoga sapaan Arif Prayoga saat ditemui di Stasiun Semarang Tawang itu juga mengungkapkan, dari sisi infrastruktur penunjang, salah satunya yang ada di area Stasiun Semarang Tawang, saat ini juga semakin memanjakan penumpang.

“Stasiun Tawang, Poncol, semuanya semakin nyaman. Untuk Stasiun Poncol area parkir semakin lebih luas, mungkin tarif parkirnya saja mungkin yang harus dirampingkan. Dan untuk Stasiun Semarang Tawang, ada loket pelayanan pelanggan baru, yang menurut kami itu yang dibutuhkan oleh penumpang. Karena capek mas kalau antri tiket harus berdiri,” ungkapnya.

Harapannya, PT KAI terus melakukan terobosan-terobosan untuk semakin memanjakan penumpang dari sisi palayanan maupun fasilitas.

“Terus berbenah, terus melakukan terobosan sehingga kereta api semakin menjadi pilihan utama kami, maupun masyarakat lain. Saat ini semua sudah bagus, waktu tempuh tidak terlalu lama, pelayanan ramah, fasilitas kereta seperti tempat duduk juga nyaman,” tambah Yoga.

Sementara itu, Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro mengatakan, PT KAI Daop 4 saat ini telah membangun dua loket pelayanan pelanggan baru baik di Stasiun Poncol, maupun di Stasiun Semarang Tawang. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap calon penumpang.

“PT KAI terus melakukan pembenahan terutama dalam hal pelayanan kepada penumpang seperti pembangunan loket di Poncol maupun di Tawang. Poncol Misalnya, sebelumnya tidak ber AC saat ini loket memiliki pendingin ruangan. Begitu juga dengan loket baru yang ada di Stasiun Semarang Tawang. Harapannya, dengan adanya fasilitas baru tersebut dapat lebih baik untuk melayani calon penumpang,” katanya.

Lebih lanjut, Kris juga mengungkapkan, selain fasilitas loket baru tersebut, pihaknya saat ini juga terus berupaya untuk memberikan fasilitas terhadap calon penumpang disabilitas.

“Inovasi dari kami adalah terus berbenah. Salah satunya fasilitas yang ramah disabilitas. Seperti kamar mandi, toilet, kami sudah mengakomodir itu,” (JB/Arf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *