Pemugaran Stadion Citarum Semarang, Gunakan Rumput Sintetis Kelas FIFA

Progres pekerjaan pemugaran Stadion Citarum (Istimewa)

SEMARANG, Jagaberita.com – Sekretaris Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang, Irwansyah mengatakan, pkerjaan Stadion Citarum tahap satu saat ini masih dalam pengerjaan. Stadion milik Pemerintah Kota Semarang itu nantinya bakal menjadi satu-satunya dan pertama lapangan sepak bola yang menggunakan rumput sintetis.

“Pekerjaan Stadion Citarum tahap satu ini meliputi perbaikan drainase, pematangan lahan lapangan dan penggantian rumput menjadi rumput sintetis,” katanya, Senin (14/10/2019).

Dalam data Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Semarang, penataan kawasan Stadion Citarum ini masuk dalam program Distaru dengan nilai pagu anggatsn Rp 16,8 miliar menggunakan dana APBD Kota Semarang.

“Sesuai permintaan Pak Wali Kota rumputnya kami ganti dengan rumput sintetis. Pekerjaan fisiknya ini sudah dimulai,” katanya.

Lebih lanjut Irwansyah mengatakan, rumput sintetis yang digunakan berbeda dengan rumput sintetis yang saat ini digunakan pada lapangan futsal yang dibangun Pemkot. Rumput yang digunakan merupakan rumput standrar FIFA.

“Jenis rumput menggunakan rumput sintetis dengan standar FIFA, jadi berbeda dengan rumput sintetis lapangan futsal yang saat ini sudah ada,” ungkapnya.

Selama proyek berjalan, lanjutnya, Stadion Citarum sementara waktu tidak bisa digunakan. Sementara itu, Irwansyah mengungkapkan, pengerjaan proyek tersebut ditargetkan rampung pada Desember 2019 mendatang.

Sementara, Walikota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, dengan dipugarnya Stadion Citarum pihaknya berharap Kota Semarang memiliki lapangan sepak bola kelas menengah yang dapat menampung sekitar 10 ribu pengunjung.

“Kami ingin ada lapangan kelas middle yang daya tampungnya sekitar 10 ribu yang bisa dipakai untuk kegiatan olahraga sepak bola sebagai penunjang Stadion Jati Diri yang saat ini juga sedang dilakukan pemugaran,” ungkapnya.

Hendi sapaan akrab Walikota itu pun menyebutkan, beberapa perbaikan dilakukan di Stadion Citarum, salah satunya yakni dengan mengganti rumput, dengan rumput sintetis kelas FIFA, dan beberapa lampu.

“Jika sudah cantic, menarik, dan dapat digunakan, selanjutnya penataan parkir di situ akan dilakukan. Sehingga semua masyarakatnantinya dapat memanfaatkan lapangan tersebut untuk melakukan aktivitas olahraga,” imbuhnya. (JB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *