5 Cara Tepat Hadapi Bullying

Gambar oleh rebbeccadevitt0 dari Pixabay

Jagaberita.com – Apapun yang kamu lakukan selalu jadi bahan tertawaan. Kamu melakukan ini dicerca, melakukan itu dihina. Pokoknya kamu selalu salah. Bahkan bernapas saja kamu salah.

Jangan putus asa dan merasa sendiri. Bullying adalah permasalahan yang melanda banyak orang di dunia kok. Jangankan kamu yang bukan siapa-siapa, artis-artis dengan rupa yang cantik, ganteng nan rupawan, nyatanya tak luput dari bullying. Mengapa orang punya kecenderungan menjadi pelaku bullying, salah satunya adalah karena ketidakbahagiaan. Mereka tidak bahagia dengan kehidupannya sehingga menumpahkan kekesalannya pada orang lain.

Kalau kamu menjadi sasaran para pembully, perhatikan hal di bawah ini. Mungkin saja bisa membantu.

Jangan Menyalahkan Diri sendiri

Seperti yang sudah disampaikan di atas, bullying bisa terjadi pada siapa saja. You’re not alone. Kalau kamu merasa tidak ada kesalahan yang kamu lakukan, namun kamu jadi sasaran hinaan orang-orang, itu bukan salahmu. Itu salah mereka. Hati mereka dipenuhi kebencian dan jauh dari kedamaian. Orang macam apa yang bisa tertawa dan bahagia dengan merendahkan orang lain?

BACA JUGA  6 Jurus Jitu Hadapi Interview Kerja

Jangan emosional

Percayalah, respon yang mereka inginkan dengan mencela adalah emosimu. Ketika kamu tampak marah, mereka akan kegirangan. Artinya umpan yang mereka lempar sudah kamu makan. Mereka menikmati kemarahanmu. Santai sajalah. Biarkan mereka bersorak. Kalau mereka memanggilmu: “gendut kamu!”, jawab saja; “bagus donk. Berarti aku sehat.” Dijamin mereka akan bengong dan akan pikir ulang mau hina kamu lagi. Karena enggak mempan!  

Merespon mereka dengan gurauan dan lelucon lebih dianjurkan daripada bermain fisik. Bisa dipidanakan. Salah-salah kamu yang rugi, kan?

BACA JUGA  Tips Alami Atasi Kulit Kering Saat Kemarau Panas

Tanyakan Padanya baik-baik

Kalau kamu punya cukup keberanian, cobalah mendekat dan menanyakan ada masalah apa antara dia denganmu. Tanyakan motivasinya apa memperlakukanmu dengan buruk. Biasanya pembully hanya berani keroyokan atau ngomong di belakang, ketika berhadapan langsung mereka tidak lebih dari kerupuk dianginin. Mlempem. Dengan mengambil sikap ini, kamu sudah menunjukan kepada mereka kamu berani bersikap dan tidak pantas untuk menjadi target bully-an mereka.

Lakukan Me-time

Banyak-banyak luangkan waktu untuk dirimu sendiri. Kamu jadi lebih mengenali dirimu. Apa yang kamu sukai dan tidak, sehingga kamu bisa memaksimalkan potensimu. Buatlah prestasi agar kepercayaan dirimu semakin meningkat.

Cari teman curhat

Tidak mudah menghadapi bullying. Kadang bisa sangat terasa berat dan tidak sedikit yang malah mengambil jalan pintas yang sangat merugikan. Ada baiknya kamu curhat kepada orang yang paling kamu percayai. Mungkin tidak serta-merta menyelesaikan masalahmu, namun paling rasa sesak di dadamu akan sirna dan sedikit lega. (JB/Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *