Dewan Dorong Pemkot Semarang Serius Lakukan Penataan Kota Lama

Ketua DPRD Kota Semarang, KAdarlusman. (Foto : Arif Nugroho)

SEMARANG, Jagaberita.com – Ketua DPRD Kota Semarang Kadarlusman mengatakan, perlu adanya keseriusan Pemerintah Kota Semarang untuk melakukan penataan di kawasan Kota Lama. Hal ini mengingat saat ini kawasan cagar budaya tersebut menjadi salah satu kawasan yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

“Kami mendorong Pemkot untuk secepatnya melakukan penataan di kawasan Kota Lama Semarang. Karena apa? Jika di situ yang notabennya menjadi kawasan wisata masih didapati PKL Liar, Parkir Semrawut, dan PGOT justru akan menimbulkan kerawanan bagi pengunjung,” Katanya, Kamis (3/9/2019).

BACA JUGA : Mbak Ita : Pemkot Terus Upayakan Penataan Kota Lama

Lebih lanjut, Pilus sapaan akrab Kadarlusman mengatakan, dengan penataan yang baik dan fasilitas yang memmadai maka akan membuat wisatawan merasa aman dan nyaman berwisata di Kota Lama.

BACA JUGA  Dewan Minta Ada Kolaborasi BRT Trans Semarang dan BRT Trans Jateng

“Ditata dengan baik, jika fasilitas seperti parkir tertata, tidak ada pengamen maupun PGOT yang berkeliaran maka pengunjung akan semakin nyaman dan nantinya akan kembali lagi ke situ,” ungkapnya.

Sementara terkait dengan keberadaan kantong parkir yang akhir-akhir ini menjadi sorotan, menurut Pilus hampir rata-rata lahan parkir yang ada di sana merupakan milik pihak ke tiga.

BACA JUGA : Dewan Kritik Cara Satpol PP Kota Semarang Dalam Penertiban PKL Liar

“Sudah ada upaya komunikasi antara pemilik lahan dengan Pemkot Semarang. Hanya saja Pemkot disini perlu memberikan kemudahan bagi pemilik lahan untuk memberi kan kemudahan, misalnya saja terkait dengan perijinan. Sehingga pemilik lahan pun mau untuk memanfaatkan lahannya digunakan sebagai kantong parkir,” jelasnya.

BACA JUGA  Rukiyanto Dorong Pemkot Hidupkan Kembali Jalur Sepeda

Terkait masih banyaknya pedagang kaki lima (PKL) dan kelompok kesenian di kawasan cagar budaya tersebut, menurut Pilus, Pemkot harus memberikan ruang bagi mereka namun tidak di menempati jalan maupun trotoar.

BACA JUGA : PKS Dukung Pemekaran Wilayah

“Kami juga dorong Pemkot carikan tempat untuk PKL dan kelompok seni. Bisa dibuatkan semacam shelter seperti shelter pujasera supaya tidak terlihat kotor dan semrawut agar perekonomian meningkat dan daya tarik bertambah,”ungkapnya.

“Memang penataan Kota Lama tidak bisa dilakukan dengan mudah, dan membutuhkan proses. Tapi kami dari DPRD Kota Semarang yakin Pemkot dapat mengatasi itu dan membuat kawasan kota lama menjadi lebih nyaman dan tertib,” imbuhnya. (JB)

One Ping

  1. Pingback: Mbak Ita : Pemkot Terus Upayakan Penataan Kota Lama - JAGABERITA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *