Pilus, Ketua DPRD Kota Semarang Periode 2019-2024

Penandatanganan Berita Acara Pelantikan oleh Pimpinan DPRD Kota Semarang, Selasa (24/9/2019). Arif Nugroho

SEMARANG, Jagaberita.com – Politisi PDI Perjuangan Kadarlusman resmi menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Semarang periode 2019-2024, bersama dengan tiga pimpinan dewan lainnya yakni Wakil Ketua Mualim dari Partai Gerindra, Muhammad Afif dari PKS, dan Wahyu Winarto dari Partai Demokrat.

Prosesi pelantikan digalar melalui rapat paripurna DPRD Kota Semarang, dengan pengambilan sumpah janji dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Semarang, Sutaji, Selasa (24/9/2019).

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Walikota Semarang Hendrar Prihadi, dan Wakil Walikota Semarang Hevearita G Rahayu, Kepala SKPD, dan perwakilan Organisasi Masyarakat (Ormas).

BACA JUGA  DPRD Kota Semarang Bagikan 17 Ribu Paket Sembako, Bantu Warga Terdampak Covid-19

Dalam kesempatan itu, Pilus sapaan akrab Kadarlusman mengatakan, usai di kukuhkan sebagai ketua definitif DPRD Kota Semarang, pihaknya akan membangun sinergi antara legislatif dan eksekutif.

“Bersinergi dengan pemerintah, bukan berarti tidak boleh mengkritik, melainkan apa yang sudah menjadi program untuk kepentingan masyarakat akan kita sinergikan sehingga fungsi kontrol tetap jalan,” Katanya.

Lebih lanjut Pilus mengatakan, untuk pembenahan di internal legislatif, pihaknya mengungkapkan akan memperbaiki hal-hal yang dirasa masih kurang dan mempertahankan apa saja yang dinilai sudah baik.

BACA JUGA  Kepadatan Penduduk di Kota Semarang Tidak Merata, Dewan Inisisasi Perda Baru

“Misalnya tadi seperti kunjungan, rumah rakyat ini tidak boleh kosong, jangan sampai ke empat pimpinan pergi kunjungan dan kantor kosong. Hal seperti itu harus dihindari,” ungkapnya.

Untuk agenda legislatif selanjutnya, Pilus mengungkapkan pihaknya akan segera menggelar rapat paripurna untuk pembentukan Tata Tertib DPRD.

“Besok Rabu (25/9/2019) akan digelar rapat paripurna pembentukan tatib, setelah itu pembentukan Pokja dan kemudian Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Setelah itu semua selesai kita langsung bahas APBD Murni 2020,” imbuhnya. (JB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *