Pilwakot Semarang 2020, Beberapa Parpol Mulai Bangun Komunikasi

ilustrasi

SEMARANG, Jagaberita.com – Jelang Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwakot) 2020 Kota Semarang, beberapa Partai Politik sudah mulai mempersiapkan diri. Sejumlah parpol pun sudah mulai membangun komunikasi dengan parpol lain.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso mengatakan, Pihaknya belum mendapatkan instruksi dari DPP Partai Gerindra terkait persiapan Pilkada. Namun demikian, pihaknya sudah mulai menjalin komunikasi dengan beberapa parpol lain.

“Partai Gerindra dalam Pilwakot 2020 Kota Semarang ini kan tidak bisa mengusung calon sendiri, kita sudah menjalin komunikasi dengan beberapa parpol lain,” katanya, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (19/9/2019).

Lebih lanjut, Joko mengungkapkan, prinsipnya pihaknya sudah mencoba membangun komunikasi, baik secara internal maupun eksternal untuk membangun sebuah koalisi tersebut.

“Mencoba untuk merancang, mencari kisi-kisi, karena kita tidak bisa mengusung sendiri. Ini lagi proses untuk mencari metode baik itu internal maupun eksternal yang bisa diajak berkoalisi. Baru masuk dalam taraf penjajakan dengan partai lain yang ada di kota semarnag,” ungkapnya.

BACA JUGA  PKB Jateng Dukung Hendi Pada Pilwakot Semarang 2020

“Kita masih menunggu, dalam waktu dekat akan dikumpulkan DPD untuk membuat aturan terkait dengan persiapan Pilkada,” imbuh Joko.

Senada, Ketua DPD PKS Kota Semarang, Suharsono mengatakan, PKS membuka komunikasi dengan semua parpol. Pihaknya pun sama dengan Partai Gerindra, tidak dapat mengusung calon sendiri mengingat hanya PKS hanya mendapatkan enam kursi dalam parlemen DPRD, sedangkan jumlah minimal untuk dapat mengusung paslon sebanyak 10 kursi.

“Syarat minimal kan harus 10 kursi dimiliki paslon. Oleh karena itu, kami terbuka. Saat ini kami membuka komunikasi dengan seluruh partai,” katanya.

Fokus utama PKS, lanjut Suharsono saat ini memang belum merujuk terkait persiapan Pilkada. Dalam waktu dekat ini, pihaknya ingin menyelesaikan alat kelengkapan parlemen DPRD. Selepas itu, pihaknya baru akan membahas Pilkada lebih mendalam.

BACA JUGA  Dewan Dukung Raperda Kota Layak Anak

“Kami komunikasi dengan partai lain sudah jalan tapi pembahasan belum mendalam. Untuk arah koalisi kemana juga saat ini belum tahu. Yang jelas jika dilihat dari realitas pembangunan di Kota Semarang, saat ini sudah sangat bagus,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, DPC PDI Perjuangan Kota Semarang telah membuka pendaftaran Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Semarang dalam rangka persiapan Pilwakot 2020.

BACA JUGA : PDIP Kota Semarang Buka Pendaftaran Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota

Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Kadarlusman mengungkapkan, pendaftaran bakal calon akan dibuka dari 16 September 2019 lalu hingga 21 September 2019 mendatang.

“Pendaftaran sudah dibuka untuk bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Semarang sejak 16 September lalu, dan sesuai jadwal pengambilan dan pengembalian berkas pendaftaran akan dibuka hingga 21 September 2019 mendatang,” katanya. (JB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *